Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Sunscreen dan sunblock mungkin terdengar seperti dua hal yang sama, tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Keduanya merupakan produk pelindung kulit dari sinar matahari, namun cara kerja dan kandungan bahan aktifnya berbeda.

Sunscreen umumnya bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, kemudian melepas panas tersebut dari kulit. Sunscreen biasanya mengandung bahan aktif seperti oxybenzone, avobenzone, dan octisalate. Sementara itu, sunblock bekerja dengan cara menciptakan lapisan fisik di atas kulit yang memantulkan sinar UV. Sunblock mengandung bahan aktif seperti titanium dioxide dan zinc oxide.

Perbedaan utama antara sunscreen dan sunblock terletak pada tingkat perlindungan terhadap sinar UV. Sunblock cenderung memberikan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan sunscreen. Sunblock juga lebih cocok digunakan untuk kulit sensitif atau kulit yang mudah terbakar.

Pemilihan antara sunscreen dan sunblock sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing individu. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau mudah terbakar, sebaiknya memilih sunblock. Namun, jika Anda lebih nyaman dengan tekstur ringan dan mudah menyerap, sunscreen mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok.

Penting untuk selalu memilih produk pelindung kulit yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menggunakannya secara teratur, terutama saat berada di bawah sinar matahari langsung. Jangan sampai salah pilih antara sunscreen dan sunblock, karena perlindungan kulit dari sinar UV sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit dan risiko kanker kulit.