Pakar bantah kemasan AMDK berbahan polikarbonat sebabkan anak autis

Pakar bantah kemasan AMDK berbahan polikarbonat sebabkan anak autis

Pakar kesehatan menolak klaim yang menyebutkan bahwa kemasan air minum dalam kemasan (AMDK) yang terbuat dari polikarbonat dapat menyebabkan anak mengalami gangguan autis. Menurut para pakar, tidak ada hubungan antara penggunaan kemasan berbahan polikarbonat dengan terjadinya autisme pada anak.

Polikarbonat adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan botol air minum karena kekuatan dan ketahanannya terhadap suhu tinggi. Namun, beberapa orang percaya bahwa bahan kimia yang terkandung dalam polikarbonat, seperti bisphenol A (BPA), dapat berdampak buruk pada kesehatan, termasuk menyebabkan gangguan perkembangan seperti autisme.

Namun, menurut Dr. Siti, seorang pakar kesehatan anak, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa polikarbonat atau BPA dapat menyebabkan autisme. Gangguan autisme sendiri merupakan kondisi neurologis kompleks yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Dr. Siti menekankan pentingnya menyebarkan informasi yang benar dan berdasarkan bukti ilmiah mengenai kesehatan anak. Ia juga menyarankan agar orang tua lebih berfokus pada pola makan sehat, lingkungan yang aman, serta stimulasi yang tepat untuk anak-anak mereka guna mencegah gangguan perkembangan.

Jadi, tidak perlu khawatir jika menggunakan air minum dalam kemasan berbahan polikarbonat. Yang terpenting adalah memastikan bahwa air minum tersebut aman dikonsumsi dan memperhatikan asupan gizi serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Semoga informasi ini dapat membantu menghilangkan kekhawatiran yang tidak perlu dan memperkuat kesadaran akan pentingnya kesehatan anak-anak kita.