Liburan lebih hemat, ini daftar lokasi wisata gratis di Jakarta

Liburan lebih hemat, ini daftar lokasi wisata gratis di Jakarta

Siapa bilang liburan harus mahal? Jakarta, ibu kota Indonesia, memiliki berbagai lokasi wisata yang bisa dinikmati tanpa harus menguras kantong. Berikut ini adalah daftar lokasi wisata gratis di Jakarta yang bisa menjadi pilihan untuk liburan hemat Anda.

1. Monas
Monumen Nasional atau Monas adalah salah satu ikon Jakarta yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari atas monumen atau berjalan-jalan di taman sekitarnya. Biaya masuk ke Monas sendiri gratis, namun jika Anda ingin naik ke puncak monumen, ada biaya tiket yang harus dibayar.

2. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah taman rekreasi yang menampilkan keberagaman budaya dan kekayaan alam Indonesia. Di sini, Anda bisa mengunjungi berbagai paviliun yang mewakili provinsi-provinsi di Indonesia, serta menikmati taman-taman yang indah. Biaya masuk ke TMII sendiri gratis, namun ada biaya tambahan untuk masuk ke beberapa paviliun dan wahana.

3. Ancol
Ancol adalah kompleks wisata yang terletak di tepi pantai Jakarta. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai wahana rekreasi seperti Dufan, Atlantis Water Adventure, dan Sea World. Namun, jika Anda hanya ingin menikmati pantai Ancol, biaya masuknya gratis. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati angin laut yang segar.

4. Ragunan
Ragunan adalah kebun binatang yang terletak di Jakarta Selatan. Di sini, Anda bisa melihat berbagai jenis hewan, mulai dari mamalia, burung, reptil, hingga ikan. Biaya masuk ke Ragunan sangat terjangkau, sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

5. Car Free Day
Setiap hari Minggu pagi, Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin di Jakarta ditutup untuk kendaraan bermotor sehingga menjadi tempat untuk berolahraga dan rekreasi bagi masyarakat. Anda bisa bergabung dengan ribuan orang yang berjalan-jalan, bersepeda, atau berlari di Car Free Day ini tanpa perlu membayar biaya masuk.

Itulah daftar lokasi wisata gratis di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk liburan lebih hemat. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai tempat menarik ini dan nikmati liburan Anda tanpa perlu khawatir tentang budget. Selamat berlibur!