IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan pernyataan terkait pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Dalam pernyataannya, IDAI menyoroti pentingnya pemerataan akses dan kualitas layanan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut IDAI, masih terdapat ketimpangan dalam akses dan kualitas layanan kesehatan anak di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari masih tingginya angka kematian anak di daerah-daerah tertentu, serta kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai untuk anak-anak.

IDAI menyatakan bahwa pemerataan pelayanan kesehatan anak perlu menjadi prioritas bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait. Langkah-langkah konkret perlu diambil untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu langkah yang diusulkan oleh IDAI adalah peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kesehatan yang melayani anak, seperti dokter anak, perawat anak, dan tenaga kesehatan lainnya yang memiliki kompetensi dalam menangani masalah kesehatan anak.

Selain itu, IDAI juga menekankan pentingnya peningkatan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai untuk anak-anak, seperti rumah sakit anak, puskesmas anak, serta fasilitas kesehatan lainnya yang dilengkapi dengan peralatan dan obat-obatan yang sesuai untuk anak-anak.

Dengan adanya upaya pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia, diharapkan angka kematian anak dapat terus menurun dan kualitas hidup anak-anak Indonesia dapat meningkat. IDAI siap untuk terus mendukung upaya pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam mewujudkan pelayanan kesehatan anak yang merata dan berkualitas di seluruh wilayah Indonesia.