IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Asosiasi Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak banyak mengonsumsi buah saat polusi udara tinggi. Hal ini disebabkan oleh dampak negatif polusi udara yang dapat berdampak buruk pada kesehatan anak-anak.

Polusi udara merupakan masalah serius yang semakin meningkat di berbagai kota besar di Indonesia. Paparan polusi udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata, dan masalah kesehatan lainnya. Anak-anak merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terhadap dampak buruk polusi udara.

Menurut IDAI, mengonsumsi buah adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan anak saat polusi udara tinggi. Buah kaya akan antioksidan dan nutrisi penting yang dapat membantu melindungi tubuh dari efek negatif polusi udara. Selain itu, buah juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan anak.

IDAI juga menyarankan agar anak-anak menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula serta mengonsumsi air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, anak-anak juga disarankan untuk tetap aktif bergerak dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk mengurangi paparan polusi udara.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi buah secara cukup, diharapkan anak-anak dapat tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk polusi udara. IDAI juga mengingatkan pentingnya peran orangtua dan guru dalam memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan di tengah kondisi polusi udara yang tinggi. Semoga dengan langkah-langkah tersebut, kesehatan anak-anak dapat tetap terjaga dengan baik.