Dokter ungkap kriteria penderita penyakit jantung memerlukan ring

Dokter ungkap kriteria penderita penyakit jantung memerlukan ring

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Oleh karena itu, penanganan penyakit jantung menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Salah satu penanganan yang sering dilakukan untuk penderita penyakit jantung adalah pemasangan ring. Ring atau stent merupakan suatu alat yang digunakan untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat pada jantung. Pemasangan ring ini dapat dilakukan melalui prosedur yang disebut dengan angioplasty.

Dokter spesialis jantung, dr. Budi, mengungkapkan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh penderita penyakit jantung agar memerlukan pemasangan ring. Pertama, penderita harus sudah memiliki diagnosis penyakit jantung yang disertai dengan gejala seperti nyeri dada, sesak napas, dan mudah lelah. Kedua, hasil pemeriksaan kardiak seperti elektrokardiografi (EKG) dan echocardiography menunjukkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Ketiga, penderita tidak merespon dengan baik terhadap terapi obat-obatan.

Selain itu, dr. Budi juga menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dan penanganan penyakit jantung. “Pencegahan adalah langkah terbaik dalam menghindari penyakit jantung. Dengan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan menghindari merokok, risiko terkena penyakit jantung dapat diminimalisir,” ujar dr. Budi.

Dengan adanya pemahaman mengenai kriteria penderita penyakit jantung yang memerlukan pemasangan ring, diharapkan masyarakat dapat lebih aware terhadap kesehatan jantung mereka. Konsultasikan dengan dokter spesialis jantung untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terbaik bagi kesehatan jantung Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung.