Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Baking soda dan baking powder seringkali digunakan dalam dunia baking untuk membuat adonan kue atau roti menjadi mengembang dan empuk. Meskipun keduanya terdengar serupa, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Baking soda, atau yang juga dikenal dengan soda kue, merupakan bahan yang bersifat basa dan memerlukan asam untuk bereaksi. Ketika baking soda dicampur dengan cairan asam seperti susu atau yogurt, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida. Gas tersebut yang akan membuat adonan kue atau roti mengembang.

Sementara itu, baking powder sudah mengandung asam di dalamnya, sehingga tidak memerlukan tambahan asam dari bahan lain. Baking powder sendiri terdiri dari campuran baking soda, asam tartar, dan pati maizena. Ketika baking powder bersentuhan dengan cairan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida, sama seperti baking soda.

Perbedaan utama antara baking soda dan baking powder terletak pada kemampuan mereka untuk mengembangkan adonan secara instan. Baking powder dapat mengembangkan adonan secara langsung tanpa memerlukan asam tambahan, sehingga lebih praktis digunakan. Sedangkan baking soda memerlukan asam tambahan untuk bereaksi, sehingga harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terlalu asam atau terlalu basa.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah pada rasa. Baking soda memiliki rasa yang sedikit pahit jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan, sedangkan baking powder memiliki rasa yang netral.

Dengan demikian, penting untuk memahami perbedaan antara baking soda dan baking powder agar dapat menggunakannya dengan tepat dalam proses pembuatan kue atau roti. Jadi, pastikan untuk membaca resep dengan teliti dan menggunakan bahan yang sesuai agar hasil akhirnya menjadi sempurna.